8 Pelajaran Penting untuk Menjalani Kehidupan yang Sederhana

Artikel ini merupakan terjemahan dari Zen Habits, saya tulis di sini sebagai pengingat untuk diri sendiri dan siapa tahu juga berguna untuk orang lain. Selamat membaca.


8 Pelajaran Penting untuk Menjalani Kehidupan yang Sederhana

Oleh Leo Babauta

Selama belasan tahun terakhir, saya telah menjalani kehidupan yang (relatif) sederhana. Kadang-kadang, kerumitan hidup saya tumbuh, dan saya memperbarui komitmen saya untuk hidup sederhana.

Menjalani kehidupan sederhana adalah tentang kontemplasi, sehingga kita memiliki ruang untuk bernafas. Ini tentang melakukan sedikit hal, karena kita menyadari bahwa memiliki lebih banyak dan melakukan lebih banyak tidak mengarah pada kebahagiaan. Ini tentang menemukan kegembiraan dalam hal-hal sederhana, dan puas dengan kesendirian, ketenangan, kontemplasi dan menikmati momen.

Saya telah belajar beberapa pelajaran penting untuk menjalani kehidupan yang sederhana, dan saya pikir akan berbagi beberapa dengan Anda.

  1. Kita menciptakan masalah kita sendiri. Semua stres, semua frustrasi dan kekecewaan, serta semua kesibukan biasanya kita ciptakan sendiri. Kita membuat ini dengan keterikatan di kepala kita. Dengan melepaskan, kita dapat bersantai dan hidup lebih sederhana.
  2. Menjadi sadar akan keterikatan yang menyebabkan kekacauan dan kerumitan. Misalnya, jika Anda terikat pada barang-barang sentimental, Anda tidak akan bisa melepaskan kekacauan. Jika Anda terikat untuk hidup dengan cara tertentu, Anda tidak akan dapat melepaskan banyak hal. Jika Anda terikat untuk melakukan banyak kegiatan dan mengirim pesan kepada semua orang, hidup Anda akan menjadi rumit.
  3. Ditraksi, kesibukan dan peralihan konstan adalah kebiasaan mental. Kita tidak membutuhkan kebiasaan-kebiasaan ini, tetapi mereka terbangun selama bertahun-tahun karena mereka menghibur kita. Kita dapat hidup lebih sederhana dengan melepaskan kebiasaan mental ini. Bayangkan hidup tanpa ditraksi, kesibukan, dan peralihan konstan?
  4. Kerjakan satu tugas dalam mode layar penuh. Bayangkan bahwa semua yang Anda lakukan – tugas kerja, menjawab email atau pesan, mencuci piring, membaca artikel – masuk ke mode layar penuh, sehingga Anda tidak melakukan atau melihat hal lain. Anda hanya melakukan tugas itu sepenuhnya, dan sepenuhnya hadir saat Anda melakukannya. Seperti apakah hidup Anda? Menurut pengalaman saya, jauh lebih sedikit stres ketika Anda bekerja dan hidup dengan cara ini. Segalanya mendapat perhatian penuh Anda, dan Anda melakukannya jauh lebih baik. Dan Anda bahkan dapat menikmati tugas-tugas itu.
  5. Ciptakan ruang di antara berbagai hal. Tambahkan ruang pada semuanya. Lakukan separuh dari apa yang Anda bayangkan dapat Anda lakukan. Kita cenderung menjejalkan sebanyak mungkin ke hari-hari kita. Dan ini menjadi stres, karena kita selalu meremehkan berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan kita melupakan hal-hal kecil seperti mengenakan pakaian dan menyikat gigi dan menyiapkan makanan. Kita tidak pernah merasa memiliki cukup waktu karena kita mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal. Tapi bagaimana jadinya jika kita melakukan lebih sedikit hal? Bagaimana jadinya jika kita memaparkan berapa lama waktu yang dibutuhkan, sehingga kita memiliki ruang untuk benar-benar melakukannya dengan baik, dengan perhatian penuh? Bagaimana jadinya jika kita berhenti beberapa menit di antara tugas-tugas, untuk menikmati pencapaian tugas terakhir, untuk menikmati ruang di antara berbagai hal, untuk menikmati hidup?
  6. Temukan kebahagiaan dalam beberapa hal sederhana. Bagi saya, itu termasuk menulis, membaca / belajar, berjalan dan melakukan hal-hal aktif lainnya, makan makanan sederhana, bermeditasi, menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang saya sayangi. Sebagian besar dari itu tidak memerlukan biaya apa pun atau memerlukan barang apa pun (Anda bisa meminjam buku dari perpustakaan!). Saya tidak mengatakan bahwa saya tidak memerlukan harta, atau bahwa saya hanya melakukan beberapa hal ini. Tetapi ketika saya mengingat hal-hal sederhana yang saya sukai, hidup saya tiba-tiba menjadi lebih sederhana. Ketika saya ingat, saya dapat melepaskan segala hal yang telah dipikirkan oleh pikiran saya, dan menemukan kegembiraan sederhana dalam melakukan aktivitas sederhana.
  7. Perjelas tentang apa yang Anda inginkan, dan katakan tidak pada hal-hal lain. Kita jarang sekali mengerti apa yang kita inginkan. Ketika kita melihat seseorang memposting foto sesuatu yang keren, kita mungkin tiba-tiba akan melakukan hal itu juga, dan tiba-tiba jalan hidup kita membelok ke arah yang baru. Hal yang sama terjadi jika kita membaca tentang sesuatu yang keren, atau menonton video tempat wisata baru atau hobi. Ketika seseorang mengundang kita untuk sesuatu yang keren, kita langsung ingin mengatakan ya, karena pikiran kita suka mengatakan ya untuk semuanya, untuk semua hal baru yang menarik. Bagaimana jika kita mengetahui dengan sangat jelas tentang apa yang kita inginkan dalam hidup? Jika kita tahu apa yang ingin kita ciptakan, bagaimana kita ingin hidup – kita bisa mengatakan ya untuk hal-hal ini, dan tidak untuk yang lain. Mengatakan tidak lebih banyak hal akan menyederhanakan hidup kita.
  8. Berlatihlah tidak melakukan apapun, dengan sangat baik. Seberapa sering kita tidak melakukan apa-apa? OK, secara teknis kita selalu “melakukan sesuatu,” tetapi Anda tahu apa yang saya maksud – hanya duduk di sana dan tidak melakukan apa-apa. Tidak perlu merencanakan, tidak perlu membaca, tidak perlu menonton sesuatu, tidak perlu sambil melakukan tugas atau makan ketika tidak melakukan apa-apa. Jangan lakukan apa-apa. Jangan mencapai apa pun, jangan mengurus apa pun. Apa yang terjadi adalah Anda akan mulai menyadari kebiasaan otak Anda ingin menyelesaikan sesuatu – ia akan gatal untuk melakukan sesuatu. Ini memperlihatkan kebiasaan mental kita, yang merupakan hal yang baik. Tapi, tetap jangan lakukan apapun. Hanya duduk sebentar, menahan dorongan untuk melakukan sesuatu. Setelah berlatih, Anda akan menjadi pandai dalam tidak melakukan apapun. Dan ini mengarah pada kebiasaan mental kepuasan, rasa syukur tanpa mengeluh.

Tentu saja, ini bukan satu-satunya pelajaran yang Anda butuhkan untuk menjalani kehidupan yang sederhana. Tetapi yang terbaik adalah yang Anda temukan sendiri. Coba ini dan lihat apa yang terjadi – saya pikir Anda akan menemukan sesuatu yang indah tentang diri Anda, dan tentang kehidupan.

Jenis kesederhanaan yang terbaik adalah yang memaparkan keindahan, sukacita, dan kesedihan hidup seperti apa adanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.