Puasa Gadget Hari Ke-1

man using laptop on table against white background
Photo by Pixabay on Pexels.com

Mulai hari ini saya akan coba melakukan puasa gadget untuk yang kesekian kalinya 🙂 Memang saya sudah beberapa kali melakukan puasa gadget, tapi seiring berjalannya waktu akhirnya kembali ke kebiasaan lama. Saya kembali kecanduan gadget sampai tahap merusak kesehatan. Indikatornya sederhana: pergelangan tangan terasa sakit, pandangan mata menjadi kabur dan merasa mual ketika melihat handphone.

Seberapa parah tingkat kecanduan gadget yang saya alami? Saya sendiri merasa sudah cukup akut ya. Saya pernah bangun pagi dan mata kanan saya bengkak, lalu di lain hari gantian mata kiri yang bengak 🙂 Biasanya itu terjadi setelah marathon 2 sampai 3 hari nonton netflix / iflix. Masalah pergelangan tangan sakit terjadi hampir setiap hari, biasanya saya harus istirahat menggunakan handphone sampai sekitar seminggu baru terasa normal lagi.

Kali ini saya mencoba untuk berkomitmen melakukan puasa gadget selama 3 bulan, dengan harapan bisa menjadi kebiasaan yang permanen. Membuang kebiasaan lama dan menumbuhkan kebiasaan baru memang butuh waktu yang tidak sebentar. Selama 3 bulan nanti saya berharap bisa membuat kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih positif dan kebiasaan lama (kecanduan gadget) diharapkan akan hilang dengan sendirinya.

Menulis artikel di blog ini adalah salah satu upaya agar puasa gadget kali ini lebih berhasil. Dengan mengumumkan puasa gadget ini kepada orang banyak, maka diharapkan saya menjadi lebih berkomitmen dan bertanggung jawab. Setidaknya itulah yang pernah saya pelajari dari Sea Change Program.

Ok, mari kita perjelas definisi puasa gadget yang akan saya lakukan. Karena gadget ternyata meliputi banyak hal, termasuk handphone, ipad, laptop, dan mungkin juga smart tv. Maka puasa gadget kali ini akan saya batasi sebagai berikut:

Handphone / Smartphone / Ipad

  • Hanya digunakan untuk tujuan komunikasi (telepon, SMS, WA, Telegram), bisnis (email, mobile banking), belanja online (sesuai kebutuhan), membaca (baca buku, artikel non-berita), mendengarkan musik (termasuk podcast)
  • Tidak baca berita
  • Tidak buka medsos
  • Tidak nonton netflix, iflix, viu dan sejenisnya
  • Tidak main game

Laptop

  • Digunakan untuk bekerja
  • Boleh buka medsos dan baca berita (secukupnya)
  • Boleh browsing online shop

TV

  • Boleh nonton youtube, netflix, iflix. Maksimal 2 jam sekali nonton

Kayaknya emang cukup susah ya untuk lepas sepenuhnya dari gadget, dan memang tidak perlu juga sepenuhnya lepas dari gadget. Biar bagaimanapun, gadget juga banyak gunanya untuk mempermudah pekerjaan kita. Kembali lagi, tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Untuk kasus yang saya alami, penggunaan handphone yang berlebihan sudah dalam tahap merusak kesehatan. Oleh karena itu, fokus utama puasa gadget kali ini adalah mengurangi penggunaan handphone. Tujuan akhirnya adalah saya bisa menggunakan handphone dengan bijak, sesuai keperluan saja 🙂

2 thoughts on “Puasa Gadget Hari Ke-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.